Lompat ke konten
Home » Blog » MANFAAT BUAH BAGI TUBUH KITA

MANFAAT BUAH BAGI TUBUH KITA

Banyak keuntungan yang didapatkan bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Salah satunya adalah hadirnya keanekaragaman jenis tumbuhan yang menghasilkan beraneka ragam buah-buahan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Buah-buahan adalah sumber nutrisi terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Menurut badan kesehatan dunia WHO, manusia sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran setidaknya 400g/hari agar tubuh sehat.

Jadi mulai sekarang tidak ada lagi ada alasan untuk tidak makan buah setiap hari.

Nah, simak manfaat mengkonsumsi buah secara rutin berikut ini:

  1. Sumber Asupan Vitamin dan Mineral
    Buah-buahan adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang baik. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan ini, di antaranya adalah :
    • Vitamin C, penting untuk menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas
    • Vitamin A, penting untuk kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh
    • Folat, berperan penting dalam pembentukan darah dan materi genetik
    • Kalium, dapat membantu menjaga tekanan darah dan fungsi sistem saraf.
    Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap sehat.
  2. Menambah asupan serat pangan yang sangat baik
    Buah-buahan adalah salah satu sumber serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat makan buah yang kaya serat ini akan menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.
    Kebiasaan makan asupan tinggi serat dalam buah-buahan juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Selain menjaga kesehatan pencernaan, makan-makanan berserat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  3. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit
    Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan pola makan yang baik dan dapat menunjang gaya hidup sehat. Buah dapat membantu untuk menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Pada beberapa penelitian, dibuktikan bahwa dengan mengkonsumsi buah mampu menurunkan beberapa risiko penyakit, seperti jantung dan pembuluh darah, hipertensi, kanker, saluran cerna hingga kesehatan mata.
  4. Salah Satu Pilihan Diet Sehat
    Buah baik dikonsumsi secara rutin karena mereka kandungan lemak dan kalorinya rendah. Namun, pastikan kamu mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh atau jus yang tidak diberi gula atau bahan tambahan lainnya. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi buah dalam kondisi segar dan bukan olahan. Ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang optimal.
    Pada dasarnya buah memiliki banyak kandungan serat dan air, sehingga mengonsumsi buah dapat membuat rasa kenyang lebih awet, daripada asupan lainnya. Buah apel dan jeruk juga merupakan jenis buah yang kaya serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Siasati dengan menyajikan variasi jenis buah per harinya untuk meningkatkan selera Anda dan keluarga untuk makan buah.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan buah dengan kualitas yang baik, belilah buah sesuai musimnya untuk memastikan buah sudah matang pada waktunya atau tanpa proses pematangan paksa dengan zat kimia. Selain itu, pilih buah yang masih segar, dilihat dari permukaan kulit dan batangnya. Pastikan buah tidak cacat atau busuk.

Selain kualitas buah itu sendiri, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat menggali manfaat buah. Beberapa buah mungkin mengandung pestisida di kulitnya. Oleh karena itu, jangan lupa cuci buah dengan air mengalir hingga bersih sebelum dikupas atau dimakan.

Hindari mengonsumsi jus buah dan buah kering kemasan yang banyak mengandung gula. Buah segar yang belum diproses tentu memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada yang telah diolah. Jika Anda menginginkan jus buah, buatlah jus tanpa gula dan jangan membuang serat atau ampas buah.

Kendati manfaat buah sangat banyak, ada sebagian orang yang harus membatasi atau menghindari konsumsi buah, misalnya orang dengan diabetes atau intoleransi fruktosa (gula buah). Apabila Anda adalah salah satunya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran mengenai konsumsi buah yang tepat.

Ditulis oleh: dr. Annita Sari (2022)