Lompat ke konten
Home » Blog » MENOPOUSE, BISAKAH KITA CEGAH?

MENOPOUSE, BISAKAH KITA CEGAH?

dr. Annita Sari

Menopause merupakan fase berhentinya menstruasi pada wanita secara alami saat wanita memasuki usia 45-55 tahun. Seorang wanita dapat dikatakan sudah menopause, bila tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut.

Menopause tidak hanya ditandai dengan berhentinya menstruasi, namun juga terjadi beberapa perubahan pada tubuh wanita, seperti pada penampilan fisik, kondisi psikologi, hasrat seksual dan kesuburan. Dan wanita yang menopause tidak bisa hamil.

Perubahan tubuh ketika menopause bisa terjadi secara bertahap atapun tiba-tiba. Periode terjadinya perubahan tersebut dinamakan masa perimenopause. Periode ini dapat berlangsung selama beberapa tahun sebelum menopause dan umumnya dimulai saat usia 40 tahun, akan tetapi bisa juga terjadi lebih awal dan memiliki tanda atau gejala yang berbeda pada setiap wanita.

Penyebab menopause
Setiap wanita terlahir dengan ovarium yang berfungsi membuat hormon estrogen dan progesteron, yang fungsinya mengontrol periode menstruasi dan pelepasan sel telur (ovulasi). Kondisi ini terjadi ketika ovarium tidak lagi melepaskan sel telur setiap bulan dan menstruasi berhenti.

Namun, pada beberapa kasus, menopause juga dapat tejadi lebih awal, yakni sebelum usia 40 tahun. Menopause dini ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain:
• Primary ovarian insufficency (akibat dari kelainan genetik atau autoimun).
• Histerektomi (operasi pengangkatan rahim).
• Pengobatan kanker (kemoterapi atau radioterapi).

Tanda atau gejala menopause
Tanda atau gejala menopause pada setiap wanita berbeda-beda. Beberapa diantaranya dapat mengalami gejala yang sangat parah dan berdampak signifikan pada aktivitas sehari-hari. Gejala umum yang normal pada menopause, antara lain:

  1. Perubahan siklus menstruasi yang tidak normal, misalnya masa menstruasi yang lebih pendek atau bahkan lebih lama. Serta terjadinya pendarahan lebih banyak atau sedikit, serta bisa juga terjadinya jeda menstruasi yang lebih lambat atau lebih cepat.
  2. Munculnya rasa panas pada tubuh (hot flashes) secara tiba-tiba, seperti demam.
  3. Muncul keringat yang berlebihan saat malam hari.
  4. Mengalamai kesulitan tidur (insomnia).
  5. Vagina terasa kering dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual.
  6. Memiliki suasana hati yang tidak pasti, hingga muncul rasa cemas.
  7. Mengalami penurunan gairah seks (libido).
  8. Mengalami masalah dengan memori dan konsentrasi.

Komplikasi menopause
Menopause ditandai dengan penurunan kadar hormon esterogen dll. Pada kondisi ini akan mengakibatkan beberapa komplikasi, antara lain:

  1. Osteoporosis.
  2. Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).
  3. Inkontinensia urine atau urine keluar tidak terkontrol.
  4. Kenaikan berat badan, dimulai saat masa perimenopause hingga masa menopause.

Diagnosis menopause
Diagnosis awal menopause yang ditentukan oleh dokter dapat berdasarkan usia, riwayat klinis dan gejala yang dialami pasien. Namun untuk lebih memastikan diagnosis atapun muncul kecurigaan penyebab lain, dokter dapat menyarankan beberapa tes darah untuk memeriksa kadar hormon dalam tubuh, seperti kadar follicle-stimulating hormone (FSH), esterogen serta thyroid-stimulating hormone (TSH). Kadar FSH meningkat dan estradiol menurun saat menopause terjadi. Selain itu, tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) terkait dengan kadar TSH yang dapat memberikan gejala menyerupai menopause.

Pencegahan menopause
Menaopuse tidak dapat dicegah, namun bisa ditunda. Anda bisa mengambil beberapa langkah sehat untuk penanganan dan hidup yang lebih berkualitas. Beberapa cara diantaranya:

  1. Mempertahankan berat badan.
  2. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang.
  3. Olahraga secara rutin.
  4. Istirahat yang cukup dan berkualitas.
    Merawat diri dengan baik adalah kunci dalam menikmati kehidupan yang aktif dan sehat di tahun-tahun menopause dan pasca menopause.
    Ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan bisa menyesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan berbagai hal di atas untuk membantu memperlambat atau menunda menopause.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *