Lompat ke konten
Home » Blog » Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Arini Wulansari, S.KM.

Vitamin C atau dapat disebut juga dengan asam askorbat (AA) adalah senyawa yang larut dalam air dan ditemukan pada organisme hidup. Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh begitu penting. Vitamin C memuat banyak nutrisi penting untuk metabolisme dalam tubuh. Selain memberikan nutrisi, vitamin C juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai reagen untuk pembuatan banyak bahan di industri farmasi dan makanan.
Melihat manfaatnya yang baik bagi tubuh, penting bagi Anda mengetahui secara detail apa saja fungsi, manfaat dan akibat jika kekurangan vitamin C. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui makanan dan buah apa yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh.


Fungsi Vitamin C
Fungsi vitamin C sangat bervarian bagi tubuh. Ia berperan penting dalam proses fisiologis manusia. Adapun fungsi vitamin C secara detailnya sebagai berikut ini:

  1. Vitamin C berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen.
  2. Membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut.
  3. Memperbaiki dan memelihara tulang, gigi dan tulang rawan.
  4. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.
  5. Membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat.

Manfaat Vitamin C
Selain memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, ada beberapa manfaat vitamin C yang dapat Anda rasakan ketika mengonsumsinya. Namun, sebelum mengonsumsinya secara berlebihan, Anda perlu tahu seberapa banyak konsumsi vitamin C yang dibutuhkan di tubuh Anda.
Orang dewasa usia 19-64 tahun biasanya membutuhkan 500 mg vitamin C per harinya. Jika dosis yang didapatkan tubuh Anda sudah tepat, maka Anda dapat merasakan beberapa manfaat ini dalam tubuh Anda.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami dalam tubuh Anda. Antioksidan sendiri adalah molekul yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut dengan radikal bebas.
    Radikal bebas yang menumpuk dapat menyebabkan keadaan yang disebut stress oksidatif, dimana hal ini banyak dikaitkan dengan penyakit kronis. Data riset menunjukkan konsumsi vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.
  2. Membantu mengelola tekanan darah tinggi
    Riset menunjukkan bila konsumsi vitamin C dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah, baik untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau tidak memilikinya. Walau begitu, vitamin C bersifat sebagai pelengkap jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, Anda tidak dapat mengandalkan vitamin C sebagai satu-satunya solusi terbaik.
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Salah satu alasan mengapa banyak orang banyak mengonsumsi vitamin C adalah karena vitamin ini dapat membantu meningkatkan imunitas seseorang. Langkah pertama yang dilakukan vitamin C dalam meningkatkan imunitas tubuh adalah mendorong produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Oleh vitamin C, sel darah putih ini dibantu untuk berfungsi secara efektif dan melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan kulit. Vitamin C secara aktif diangkut ke kulit, di mana ia dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperkuat penghalang kulit.
  4. Membantu Mencegah Kekurangan Zat Besi
    Zat besi berfungsi untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi vitamin C dapat membantu tubuh dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Caranya, vitamin C akan membantu mengubah zat besi yang tadinya sulit diserap, menjadi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Selain itu vitamin C dapat membantu mengurangi risiko anemia pada orang yang rentan kekurangan zat besi.

Akibat Kekurangan Vitamin C
Bila tubuh Anda tidak memiliki cukup kebutuhan vitamin C, maka ada beberapa akibat yang dapat Anda rasakan seperti kudis, anemia, memar, pendarahan dan gigi yang mudah lepas. Kasus ini mungkin jarang terjadi, dan hanya terjadi pada kasus-kasus yang ekstrim. Walau begitu, perlu bagi Anda untuk tetap mengonsumsi vitamin C karena memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Sayuran yang Mengandung Vitamin C
Ada banyak sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh Anda, beberapa di antaranya ada pada sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, bayam.

  1. Brokoli
    Meskipun tidak semua orang menyukai sayuran ini. Brokoli sayuran hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain nutrisi yang lengkap, brokoli juga mengandung vitamin C. Penting untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.
  2. Kembang Kol
    Sayur kembang kol yang hampir mirip dengan brokoli ini memiliki kandungan vitamin C. Meskipun kadarnya tidak sebanyak pada brokoli, kembang kol kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, kembang kol termasuk jenis sayuran yang rendah kalori, tapi tinggi serat.
  3. Bayam
    Bayam menjadi salah satu sayuran yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Mengapa? Pasalnya bayam kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi.

Buah yang Mengandung Vitamin C
Selain sayur-sayuran, beberapa buah juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Buah-buah tersebut adalah jeruk, stroberi, jambu biji, dan pepaya.

  1. Jambu Biji
    Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini. Ya jambu biji! Selain rasanya yang nikmat, jambu biji memiliki kandungan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Meskipun jumlahnya sedikit nutrisi lain dari jambu biji cukup lengkap, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat.
  2. Jeruk
    Seperti kita ketahui, buah jeruk menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Jika Anda mengonsumsi satu buah jeruk kurang lebih mengandung 70 miligram vitamin C per hari. Maka jumlah tersebut sudah cukup untuk kebutuhan vitamin C per harinya.
  3. Pepaya
    Tahukah Anda? Satu mangkuk saji yang berisi sekitar 150 gram buah pepaya mengandung 90 miligram vitamin C. Selain cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, buah ini mampu mencegah berbagai penyakit, seperti demensia dan kanker. Buah pepaya juga menyehatkan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh.
  4. Stroberi
    Selain mengandung antioksidan, ternyata buah stroberi juga menjadi sumber vitamin C. Rasanya yang segar membuat buah ini dapat diolah menjadi jus, smoothie, campuran salad, hingga dimakan langsung. Selain stroberi, buah lain yang banyak mengandung vitamin C juga ada pada blueberry dan blackcurrent.

Nah, sekarang Anda sudah tahu berbagai fungsi dan manfaat vitamin C bagi tubuh. Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda. Mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan dan sayur-sayuran dapat bermanfaat bagi tubuh. Jangan lupa bagikan ini kepada sanak saudara atau orang terdekat, semoga bermanfaat.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535