Lompat ke konten
Home » Blog » Kerja, Kerja, Kerja, Tipes! Emang tipes itu apa sih ?

Kerja, Kerja, Kerja, Tipes! Emang tipes itu apa sih ?

Kerja, Kerja, Kerja, Tipes! Emang tipes itu apa sih ?

dr. Annita Sari

Tipes atau demam tifoid adalah merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri ini biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi. Seseorang yang terinfeksi bakteri penyebab tipes bisa menyebar ke seluruh tubuh yang dapat mempengaruhi organ tubuh penderitanya. Orang yang terinfeksi penyakit demam tifoid/tipes dapat menularkan bakteri melalui feses dan urine, makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan urine atau feses penderita tipes, ataupun mengkonsumsi makanan yang ditangani oleh orang yang sedang mengalami tipes dan belum dinyatakan sembuh oleh dokter. Demam tifoid termasuk infeksi bakteri yang bisa menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ. Tanpa perawatan yang cepat dan tepat, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius yang berakibat fatal.

Apa saja tanda-tanda dan gejala tipes (demam tifoid)?
Gejala Tipes atau demam tifoid baru akan muncul setelah masa inkubasi bakteri usai. Masa inkubasi adalah rentang waktu dari sejak pertama kali bakteri masuk ke dalam tubuh (lewat makanan atau minuman) sampai kemunculan gejala yang pertama. Biasanya gejala mulai muncul dalam 7-14 hari setelah terpapar bakteri. Paling lambat, gejalanya baru terasa dalam 30 hari kemudian. Namun, jika kekebalan tubuh lemah, gejala paling cepat dapat muncul dalam 3 hari.
Gejala penyakit tipes atau demam tifoid yang muncul ketika Anda terinfeksi Salmonella typhi adalah:
• Demam yang meningkat setiap hari hingga mencapai 39-40℃ (terutama malam hari)
• Sakit kepala
• Lemah dan lelah
• Gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit
• Sakit perut
• Hilang nafsu makan
• Mual dan muntah
• Perut membengkak
• Mengigau

Dikutip dari Mayo Clinic, tipes adalah ancaman serius di seluruh dunia dan sudah menyerang sekitar 27 juta orang atau lebih setiap tahun. Penyakit ini menyebar di India, Asia Tenggaran, Afrika, Amerika Serikat, dan banyak daerah lainnya.
Cara terbaik untuk mencegah tipes adalah dengan menjaga kebersihan dan memperbaiki sanitasi. Selain itu, Anda dapat melakukan cara-cara di bawah ini:

  1. Vaksinasi, yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia tapi tidak diwajibkan. Vaksin ini bisa dapat diberikan secara oral maupun suntikan pada anak di atas usia dua tahun.
  2. Cuci tangan dengan air dan sabun, terutama ketika Anda akan menyiapkan makanan atau setelah buang air.
  3. Hindari makanan mentah karena bakteri penyebab tipes mungkin saja tersisa di produk-produk tersebut.
  4. Jangan jajan sembarangan sebab Anda tidak tahu apakah pedagang menerapkan kebersihan yang baik saat menyiapkan makanan yang dijual.
  5. Hindari kontak dengan orang sakit karena bakteri sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

Tipes (demam tifoid) menjadi salah satu penyakit serius yang mengancam seluruh dunia terutama di negara-negara berkembang. Pasalnya, dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ada 22 juta kasus tipes dan 200.000 kematian akibat tipes di seluruh dunia. Tipes menular dengan cepat melalui lingkungan dan kebiasaan yang tidak higienis. Selain itu, anak-anak juga lebih berisiko terkena masalah kesehatan yang satu ini.

Tipes ( Demam Tifoid ) merupakan penyakit yang bisa Anda cegah jika tahu apa penyebab hingga gejalanya. Segera hubungi dokter jika mengalami gejala-gejala atau kondisi yang membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda khawatir.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535
Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661, di akses 25 Juli 2022
https://wwwnc.cdc.gov/travel/diseases/typhoid, diakses 25 Juli 2022