Lompat ke konten
Home » Blog » 7 Manfaat Olahraga Rutin

7 Manfaat Olahraga Rutin

Dr. dr. Herni Suprapti, M.Kes.

Semua orang tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan, tapi seberapa baiknya sih? Mulai dari membuat perasaan lebih baik sampai meningkatkan kualitas aktivitas seksual Anda

Jika ingin merasa lebih baik, punya energi lebih banyak, dan memperpanjang usia, olahragalah!

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Olahraga bermanfaat untuk semua orang, berapapun usianya, laki-laki atau perempuan, dan bagaimanapun kondisi fisiknya.

Masih malas bergerak?
Yuk kita kepoin, ada tujuh manfaat olahraga yang bisa membuat lebih sehat dan lebih bahagia.

  1. Olahraga dapat menurunkan berat badan
    Olahraga dapat mencegah kelebihan berat badan dan membantu menurunkan berat badan. Saat berolahraga, tubuh akan membakar kalori. Makin sering berolahraga, makin banyak kalori yang akan terbakar.

    Rutin ke gym baik sekali, tapi kalaupun tidak punya banyak waktu setiap hari, jangan kuatir. Bagaimanapun juga, melakukan aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali. Untuk mendapatkan manfaat olahraga, bergeraklah secara aktif setiap hari, memilih naik tangga daripada naik lift, mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan lain-lain aktivitas fisik. Kuncinya adalah konsisten.
  2. Olahraga dapat untuk melawan penyakit
    Kuatir terkena penyakit jantung? Berusaha mencegah tekanan darah tinggi? Berapa pun berat badan kita, bila badan bergerak secara aktif, akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein), yaitu “kolesterol baik”, dan menurunkan LDL dan trigliserida yang tidak sehat. Kontrol kedua senyawa ini menyebabkan aliran darah dapat mengalir dengan lancar, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga rutin dapat mencegah berbagai penyakit, antara lain:
    • Strok
    • Sindrom metabolic
    • Tekanan darah tinggi
    • Diabetes tipe 2
    • Depresi
    • Kecemasan
    • Kanker
    • Artritis
    Selain itu, olahraga juga dapat memperbaiki fungsi kognitif dan menurunkan risiko kematian akibat semua jenis penyakit.
  3. Olahraga dapat memperbaiki mood (perasaan)
    Sedang dalam keadaan tertekan dan merasa stress? Olahragalah atau minimal jalan kaki. Aktivitas fisik akan menstimulasi berbagai senyawa kimia di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan mengurangi kecemasan.
    Setelah olahraga, kita akan merasa bahwa penampilan kita lebih baik, dan olahraga yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan kepercayaan diri serta meningkatkan harga diri.
  4. Olahraga meningkatkan energi
    Cepat merasa lelah saat menganggat barang belanjaan atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga? Olahraga teratur dapat memperkuat otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.
    Olahraga melancarkan pengantaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan membantu jantung dan pembuluh darah bekerja lebih efisien. Apabila jantung dan paru-paru kita lebih sehat, maka kita akan mempunyai energi lebih banyak untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  5. Olahraga akan membuat kualitas tidur lebih baik
    Seringkali sulit tidur? Olahraga rutin membuat kita lebih mudah tidur, kualitas tidur lebih baik dan lebih nyenyak. Jangan melakukan olahraga pada saat dekat waktu tidur, karena akan membuat sulit tidur akibat energi yang berlebih.
  6. Olahraga membuat aktivitas seksual lebih baik
    Merasa terlalu lelah dan tidak tertarik untuk melakukan hubungan seksual? Olahraga rutin akan meningkatkan energi dan memperbaiki percaya diri terhadap penampilan fisik, yang kemudian memperbaiki kualitas kehidupan seksual.
    Tetapi lebih dari itu. Pada perempuan, olahraga dapat meningkatkan gairah, dan pada laki-laki yang berolahraga secara rutin, maka risiko terkena impotensi akan lebih kecil daripada laki-laki yang tidak pernah olahraga.
  7. Olahraga menyenangkan dan meningkatkan pergaulan sosial
    Olahraga dan aktivitas fisik sangat menyenangkan. Memberi kesempatan untuk bersantai, keluar rumah, dan membahagiakan. Olahraga juga membantu membuat hubungan baik dengan keluarga dan teman-teman.
    Ikutlah grup senam, menari, naik gunung, sepak bola dll. Carilah olahraga yang disenangi. Kalau bosan, bisa mencoba jenis olahraga lainnya, bersama keluarga dan teman-teman.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat membuat kesehatan kita lebih baik dan mebuat kita merasa lebih bahagia. Olahraga ringan yang dapat dilakukan setiap hari, antara lain:

  1. Olahraga aerobik
    Jenis olah raga ini, merupakan semua jenis olahraga yang melibatkan pengkondisian kardiovaskular. Selama proses pengkondisian kardiovaskular, pernapasan dan detak jantung akan meningkat secara bertahap. Jenis olahraga yang dapat dilakukan antara lain: berenang, berlari, bersepeda, senam aerobik. Kegiatan olahraga ini dapat dilakukan minimal 75-150 menit setiap 2 hari sekali.
  2. Olahraga anaerobik
    Berbeda dengan aerobik, olahraga jenis ini mengerahkan semua tenaga semaksimal mungkin dalam waktu yang singkat. Jenis latihan ini membuat sistem jantung memiliki waktu yang sedikit untuk mengalirkan oksigen ke otot. Olahraga ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan stamina dan kekuatan otot. Jenis olah raga anaerobik yang dapat dilakukan, misalnya melompat, lari cepat atau angkat beban.

Kedua jenis olahraga tersebut dapat dilakukan dalam sehari-hari untuk tetap menjaga kesehatan, namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda.
Olahraga aerobik:
• Membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal.
• Membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah.
• Meningkatkan stamina dan mengurangi rasa kelelahan saat berolahraga.
• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga anaerobik:
• Membentuk massa otot.
• Memperkuat tulang.

Sebelum memulai jenis olahraga baru, konsultasikan dahulu dengan dokter langganan. Terutama apabila sebelumnya tidak pernah berolahraga sama sekali, atau lama berhenti berolahraga, serta mempunyai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes atau artritis.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:

Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535