Lompat ke konten
Home » Blog » Mengenal Hepatitis A

Mengenal Hepatitis A

Arini Wulansari, S.KM.

Hepatits A merupakan pernyakit peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatits A. Virus ini dapat mempengaruhi kemampuan hati untuk berfungsi dengan baik. Hepatitis A bersifat menular dan penyebaran utamanya melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Kontaminasi tersebut bisa terjadi karena:

  1. Bahan makanan dan peralatannya dicuci dengan air yang terkontaminasi.
  2. Mengkonsumsi makanan yang diolah orang yang tidak menjaga kebersihan.
  3. Minum air yang tidak bersih.

Lalu bagaimana caranya mencegah hepatitis A?
Mengingat penyebaran utama hepatitis A adalah melalui makanan dan minuman, maka PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) menjadi cara utama dalam pencegahan penularan penyakit ini. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, tidak mengkonsumsi makanan yang kurang matang dan sebaiknya menghindari membeli makanan dari tempat yang kurang terjamin kebersihannya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis A.

Beberapa orang akan mengalami gejala hepatitis A beberapa minggu setelah terinfeksi virus, namun ada juga beberapa diantaranya yang tidak mengalami gejala. Gejala yang muncul antara lain:
• Rasa lelah yang tidak biasa.
• Mual, muntah dan diare.
• Rasa tidak nyaman pada perut.
• Feces berwarna terang atau urine berwarna gelap.
• Kehilangan selera makan.
• Demam.
• Nyeri sendi.
• Kulit dan mata menguning.

Gejala-gejala tersebut mungkin relatif ringan dan akan hilang dalam beberapa minggu, namun pada beberapa penderita dapat berlangsung hingga beberapa bulan.
Pada penyakit hepatitis A, tidak ada obat atau tindakan khusus, hal ini karena sistem kekebalan pada tubuh yang akan melawan virus itu sendiri. Penanganan pada hepatitis A difokuskan pada meringankan gejala yang dialami oleh penderita, yaitu beristirahat dengan cukup dan mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat dan bersih.
Jangan ragu untuk mendatangi dokter dan fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami beberapa gejala tersebut, agar dokter dapat memberikan diagnosa dan pengobatan terbaik untuk kesehatan kita.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:
Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535

Referensi:
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hepatitis-a/symptoms-causes/syc-20367007
https://www.cdc.gov/hepatitis/hav/afaq.htm