Lompat ke konten
Home » Blog » Waspada Batu Empedu

Waspada Batu Empedu

Arini Wulansari, S.KM.

Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu.
Kondisi penyakit batu empedu atau kolelitiasis yang ringan jarang menimbulkan gejala. Penderitanya mulai dapat merasakan gejala jika saluran empedu tersumbat akibat pengendapan batu empedu.
Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu, antara lain:
 Usia 40 tahun atau lebih.
 Jenis kelamin perempuan lebih sering mengalami.
 Pola makan tidak sehat.
 Obesitas.
 Diet yang terlalu ketat.
 Kondisi medis tertentu, misal diabetes, anemia atau leukimia.
 Riwayat keluarga dengan batu empedu.

GEJALA BATU EMPEDU
Batu empedu mungkin tidak menimbulkan gejala, namun jika seseorang memiliki batu empedu akan mengalami beberapa gejala, antara lain:

  • Nyeri perut kanan atas atau tengah perut
  • Mual dan muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Urine berwarna pekat
  • Demam dan menggigil.
  • Kuning pada mata dan kulit.

Jika mengalami gejala di atas, segera periksakan diri Anda. Karena jika terjadi keterlambatan, dapat menyebabkan komplikasi seperti:

  1. Peradangan saluran empedu.
  2. Peradangan pankreas akut.
  3. Ileus atau penyumbatan usus.
  4. Sepsis/Infeksi berat.

PENGOBATAN BATU EMPEDU
Batu empedu yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, tidak memerlukan penanganan medis. Namun, jika penderita merasakan gejala sakit perut yang muncul secara tiba-tiba, maka tindakan pengobatan perlu segera dilakukan.
Metode pengobatan batu empedu meliputi operasi pengangkatan kantung empedu (kolesistektomi) atau konsumsi obat. Meskipun demikian, penggunaan obat jarang dilakukan karena kurang efektif dalam mengobati batu empedu.

PENCEGAHAN BATU EMPEDU


Batu empedu sendiri dapat dicegah dengan melakukan pola makan yang sehat dan seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan menghindari makanan bersantan dan berminyak.
Selain itu, upaya pencegahan batu empedu juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi alkohol, berolahraga secara teratur, perbanyak konsumsi cairan, dan hindari diet yang terlalu ketat.
Jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter bila mengalami gejala yang telah disebutkan sebelum terjadi komplikasi.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535

Referensi:
Cholelithiasis (2021), from: https://www.msdmanuals.com/professional/hepatic-and-biliary-disorders/gallbladder-and-bile-duct-disorders/cholelithiasis
Gallstones (2021), from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214