Lompat ke konten
Home » Blog » 4 Cara Terbaik Menggunakan Masker Menurut WHO

4 Cara Terbaik Menggunakan Masker Menurut WHO

Dalam melakukan pencegahan dari terpaparnya virus Covid-19, banyak upaya yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker saat berada di ruang publik dan ruang tertutup yang minim dengan ventilasi. Menggunakan masker merupakan langkah sehat yang dapat dilakukan guna melindungi diri dari virus yang masuk melalui hidung dan mulut.
Mengingat pentingnya penggunaan masker, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan masker sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO). Hal ini dilakukan guna memaksimalkan perlindungan masker untuk menangkal virus yang akan masuk ke tubuh manusia melalui hidung maupun mulut.

Cara Penggunaan Masker Menurut WHO
Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan masker yang benar sesuai dengan rekomendasi WHO, diantaranya adalah:
• Mencuci tangan sebelum memakai masker, juga sebelum dan sesudah melepasnya, dan setelah menyentuhnya setiap saat
• Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu
• Saat melepas masker, simpan dalam kantong plastik bersih. Jika masker kain, cuci setiap hari, atau buang masker medis di tempat sampah.
• Jangan menggunakan masker dengan katup udara

Penerapan yang baik dalam menggunakan masker sesuai rekomendasi WHO diatas, diharapkan dapat melindungi seseorang dari paparan virus Covid-19.

Tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Referensi:
https://promkes.kemkes.go.id/4-cara-terbaik-dalam-menggunakan-masker-menurut-who, di sunting 25 Juli 2022.