Lompat ke konten
Home » Blog » Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan

Arini Wulansari, S.KM.

Perayaan Idul Adha setiap tahunnya selalu dirayakan dengan menyembelih hewan kurban. Di Indonesia sendiri, hewan yang paling sering disembelih sebagai kurban adalah kambing. Selain kambing mudah didapatkan, harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan hewan kurban lainnya, seperti sapi.
Nah, sebelum kita menikmati beberapa olahan daging kambing, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa manfaat konsumsi daging kambing untuk kesehatan kita. Yuk, simak berikut ini!

  1. Mencegah anemia
    Daging kambing banyak mengandung vitamin B12, folat dan zat besi yang mampu membantu tubuh dalam memproduksi cukup sel darah merah, sehingga memungkinkan untuk mencegah gejala anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik.
  2. Menjaga kesehatan tulang
    Manfaat daging kambing yang satu ini berasal dari beragam mineral yang terkandung, yakni kalsium, kalium dan fosfor. Berdasarkan Nutrition Journal, fosfor dan kalsium adalah mineral yang membantu menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat. Sedangkan kalium, pada jurnal Osteophorosis International dijelaskan jika dapat membantu menetralkan kadar asam pada tubuh sehingga mengurangi risiko berkurangnya kadar kalsium dalam tulang, sehingga kepadatan tulang tetap terjaga.
  3. Meningkatkan massa otot
    Daging kambing merupakan sumber protein yang mengandung beberapa jenis asam amino. Dalam riset Journal of The International Society of Sport Nutrition, protein dan asam amino mampu meningkatkan massa otot tubuh. Pada penelitian lain dijelaskan jika daging kambing dan daging hewan secara umum memiliki kemampuan yang lebih baik untuk meningkatkan pembentukan protein di otot daripada protein nabati.
  4. Menjaga kesehatan jantung
    Siapa sangka, daging kambing ternyata mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Kandungan kalium pada daging kambing yang cukup tinggi ternyata mampu membantu mempermudah kinerja jantung saat memompa darah, jadi ritme detak jantung pun tetap normal. Selain itu, kalium ternyata mampu menstabilkan tekanan darah, karena membantu membuang natrium berlebih pada tubuh melalui urine. Sekedar informasi, natrium merupakan salah satu pemicu hipertensi, lho!
    Selain itu, ternyata kandungan gizi pada daging kambing terbukti rendah kolesterol. Kolesterol yang rendah akan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan ragam penyakit jantung.
  5. Membantu diet
    Mengkonsumsi daging kambing dapat membantu kita dalam mengurangi asupan kalori harian saat sedang diet defisit kalori, karena daging kambing terbukti memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi atau ayam. Selain itu, dengan mengkonsumsi daging kambing, kita dapat mengurangi rasa lapar, hal ini disebabkan karena protein mampu mengurangi kadar hormon pemicu rasa lapar. Bagaimana, mau mencoba?

Memang ada banyak manfaat yang didapat dari konsumsi daging kambing, meski demikian konsumsi berlebihan justru meningkatkan risiko berbagai macam penyakit, seperti jantung koroner hingga kanker usus besar. Pastikan untuk selalu memeriksakan diri ke dokter dan melakukan medical check up rutin untuk mengetahui kondisi tubuh terkini.
Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles – Trisensa Diagnostic Centre
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No.5 Surabaya
(031) 5455470 dan 081334534535

Referensi:
Nutrition Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4389665/
Journal of the National Cancer Institute. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28052933/
Journal of the International Society of Sports Nutrition.
https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/1550-2783-5-17
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6723444/