Lompat ke konten
Home » Blog » tips sehat selama berpuasa

tips sehat selama berpuasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang dinantikan oleh semua umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tahun 2022 menjadi tahun ketiga menjalani puasa di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengancam.

Menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi menjadi tantangan sendiri bagi para Muslim. Selain harus membatasi kegiatan keagamaan secara berkelompok, juga perlu menjaga kondisi imunitas tubuh agar tetap sehat dan terlindungi dari Covid-19 selama berpuasa.

Beberapa tips yang dapat dilakukan selama menjalankan ibadah puasa di Ramadhan kali ini, antara lain:

  1. Konsumsi makanan bergizi
    Pola makan yang berubah selama puasa membuat kita harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi saat sahur dan berbuka.  Pastikan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin serta mineral selalu ada di menu sahur dan berbuka, agar tubuh tetap kuat beraktivitas selama berpuasa.
  2. Tetap beraktivitas
    Sedang berpuasa bukan berarti kita hanya bermalas-malasan sepanjang hari. Kita bisa meluangkan waktu minimal 30 menit setiap hari, 3-5 kali dalam seminggu untuk berolahraga agar tetap sehat, bugar dan produktif.
  3. Memenuhi cairan tubuh
    Saat berpuasa tubuh memerlukan cairan lebih banyak, agar terhindar dari dehidrasi. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan tetap mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari selama berpuasa.
  4. Cukupi waktu tidur
    Selain tetap beraktivitas dan mengkonsumsi makanan bergizi, kita juga harus memiliki waktu tidur yang cukup. Apalagi, kita akan bangun lebih awal untuk sahur.
  5. Kelola stres
    Rasa khawatir dan cemas yang berlebih akan terpapar Covid-19 dapat memicu peradangan dalam tubuh sehingga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Oleh sebab itu, untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat, perlu dilakukan beberapa kegiatan untuk melepas stres, misalnya berolahraga atau kegiatan lain yang disukai.

Selain beberapa tips di atas, tentunya kita masih harus tetap mematuhi prokes untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan agar terus terhindar dari penularan Covid-19.

Salam sehat.

Refrensi:

www.promkes.kemkes.go.id

www.assets.rri.co.id/semarang