Lompat ke konten
Home » Blog » Tips Olahraga Yang Dapat DiLakukan Saat Sedang Di Kantor

Tips Olahraga Yang Dapat DiLakukan Saat Sedang Di Kantor

Banyaknya pekerjaan kantor yang mengharuskan kita untuk senanstiasa berada di depan laptop seperti halnya dikejar deadline atau padatnya jadwal meeting yang mengharuskan kita selalu duduk di tempat kerja kita.

Duduk terlalu lama menyebabkan sakit pinggang bagi banyak orang, sehingga tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu untuk melakukan olahraga atau melakukan gerakan ringan di kantor. Ada beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu bekerja:

  1. Jalan Kaki

    Jalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan di tengah sibuknya pekerjaan, karena bila sudah terlalu lama duduk berada di depan laptop, badan akan terasa pegal dan terasa sedikit kaku. Oleh karena itu, berjalan kaki bisa menjadi alternatif olahraga yang baik. Berjalan kaki dapat dilakukan di sekitar ruangan atau saat perjalanan menuju kantor atau pulang dari kantor, misalnya berjalan kaki dari halte ataupun stasiun sampai ke kantor maupun sebaliknya bila memungkinkan.
  2. Peregangan Punggung

    Peregangan punggung adalah salah satu gerakan yang dapat Anda lakukan saat sedang duduk. Peregangan punggung ini berguna untuk melancarkan aliran darah dan dapat mengurangi nyeri serta cedera punggung agar tubuh anda lebih leluasa dalam bergerak.
  3. Peregangan Tangan

    Kaku atau tegang pada pergelangan tangan merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi, jika Anda sering melakukan pekerjaan yang diharuskan mengetik pada komputer atau laptop. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan peregangan tangan. Kegiatan ini menjadi pilihan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan.
  4. Naik Turun Tangga

    Mayoritas orang lebih memilih menggunakan lift atau elevator untuk naik dan turun dari satu lantai ke lantai lainnya. Penggunaan lift atau elevator memang lebih menghemat waktu dan tidak terlalu banyak membuang energi. Padahal, naik turun tangga dapat menjadi salah satu olahraga yang baik untuk dilakukan karena dapat memperkuat jantung. Hal ini disebabkan karena kalori yang terbakar saat naik turun tangga memiliki manfaat besar bagi jantung.
    Selain itu, naik turun tangga juga dapat melatih jantung agar tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas yang berat. Namun penting untuk diperhatikan, bahwa naik turun tangga baik untuk dilakukan bila jarak lantai yang dituju masih memungkinkan. Beberapa gerakan atau olahraga yang telah dijelaskan di atas sangatlah mudah untuk dilakukan, bukan? Apalagi hal tersebut tidak menyita waktu yang cukup banyak. Dengan begitu, tubuh Anda tetap bisa berolahraga tanpa harus mengganggu pekerjaan.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No. 5 Surabaya
Phone. (031) 5455470
WhatsApp. 081334534535

Oleh: Larasati Chantika Pratiwi, Amd.Kes
Disunting oleh: Dr. dr. Herni Suprapti, M.Kes