Lompat ke konten
Home » Blog » Ayo Lakukan SADARI

Ayo Lakukan SADARI

Kanker payudara merupakan kanker terbanyak dan menjadi penyebab kematian akibat kanker nomor 1 di Indonesia. Data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia.

Salah satu penyebab tingginya angka kematian akibat kanker payudara karena sebagian besar tidak tahu cara mendeteksi dini kanker payudara. Sekitar 70% pasien ditemukan sudah pada tahap lanjut.

Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI adalah cara termudah untuk mendeteksi kelainan pada ukuran, tekstur, serta bentuk payudara. Proses ini dilakukan agar semua perubahan yang mengarah pada kondisi yang lebih serius dapat segera terdeteksi sejak dini.

Waktu yang tepat untuk melakukan SADARI

Pemeriksaan payudara sendiri disarankan agar dilakukan secara rutin setiap bulan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Wanita yang masih haid  :  7-10 hari setelah hari pertama haid
  • Wanita menopause          :  Tanggal yang sama setiap bulan

Melakukan pemeriksaan payudara sendiri tidak sulit, hanya perlu meraba dan melihat payudara sendiri sehingga perubahan fisik pada payudara dapat diketahui lebih dini.

Berikut langkah-langkah dari SADARI yang bisa Anda ikuti:

  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris? Jangan cemas, itu biasa.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala, dorong siku ke depan dan cermati payudara kemudian dorong siku ke belakang lalu cermati bentuk dan ukuran payudara.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, kemudian dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Hal lain yang penting untuk diketahui dalam melakukan SADARI yaitu mengetahui batas-batas dari payudara sehingga seluruh payudara dapat diraba secara berurutan dan sistematis sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan.

Batas-batas payudara:

  • Batas atas adalah jarak 1-2 jari di bawah ruas tulang selangka (clavicula).
  • Batas bawah adalah garis lingkar kulit bawah payudara.
  • Batas terluar adalah garis tengah ketiak ke arah bawah.
  • Batas terdalam adalah garis tengah ruas dada.

Tanda-tanda awal kanker payudara yang harus dikenali

Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang cepat dan tidak terkendali.

Adapun tanda-tanda kanker payudara (Carcinoma mammae) yang harus segera diperiksakan ke dokter adalah sebagai berikut:

  • Adanya perubahan bentuk, ukuran, dan kontur payudara.
  • Benjolan payudara, yang pada sebagian orang tidak terasa sakit.
  • Rasa nyeri pada payudara.
  • Keluar cairan bening atau darah dari puting susu.
  • Puting tertahan kedalam (Retraksi).
  • Pembekakan pada payudara (Distorsi).
  • Kulit di payudara atau puting menjadi kemerahan.

Karena kita lebih tahu dan mengenal diri kita sendiri, maka jika terjadi perubahan, kita akan mengetahuinya sejak awal. Apabila saat melakukan SADARI ditemukan benjolan atau perubahan payudara (dibandingkan keadaan bulan sebelumnya) segera periksakan diri ke dokter, apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, agar Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No. 5 Surabaya
Phone. (031) 5455470
WhatsApp. 081334534535

Oleh: dr. Annita Sari