Lompat ke konten
Home » Blog » apa saja yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah?

apa saja yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah?

Yogurt

Makanan probiotik memperbaiki pencernaan sehingga baik untuk pasien diabetes. Yogurt mengandung “bakteri baik” yang melindungi dari masalah pencernaan. Pilihlah yogurt biasa tanpa tambahan gula atau buah.

Diet Vegan

Menurut hasil penelitian, pasien diabetes yang menjalani diet vegan (tidak makan daging atau produk hewani seperti telur dan susu) hanya makan sayur dan buah saja, kadar gula darahnya lebih baik dan hanya membutuhkan insulin sedikit saja. Biji-bijian, serat, dan kacang-kacangan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga menurunkan produksi gula darah.

Kayu Manis

Dari beberapa penelitian, menaburi makanan dengan bubuk kayu manis, dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Kayu manis dapat memperbaiki rasa makanan tanpa menambah garam, karbohidrat, atau kalori. Selain itu, kayu manis juga memperbaiki kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin.

Tidur

Pada saat tidur, kadar gula darah dapat menurun pada pasien diabetes tipe-1. Pada pasien lainnya, gula darah dapat meningkat pagi hari sebelum sarapan, hal ini terjadi akibat perubahan hormon atau turunnya kadar insulin tubuh.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan semua orang, termasuk pasien diabetes. Pasien diabetes hendaknya memeriksa kadar gula darah sebelum, selama dan sesudah olahraga untuk monitoring peningkatan atau penurunan kadar gula darah tubuh, sehingga tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Alkohol

Setelah minum minuman beralkohol, kadar gula darah awalnya akan meningkat, kemudian menurun dan tetap rendah selama 12 jam. Efek roller coaster ini dapat dikurangi apabila makan pada saat minum alkohol. Minuman beralkohol mengandung banyak karbohidrat.

Panas

Udara yang panas sehingga banyak mengeluarkan keringat membuat tubuh sulit mengontrol kadar gula darah. Keluar masuk ruangan ber-AC dapat menyebabkan peningkatan dan penurunan kadar gula darah tubuh. Berada di ruangan ber-AC pada saat suhu luar ruangan sangat panas, dan minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.

Informasi dan Pendaftaran Customer Care:


Klinik Utama Rawat Jalan Gleneagles
Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution No. 5 Surabaya
Phone. (031) 5455470
WhatsApp. 081334534535

Oleh: Dr. dr. Herni Suprapti, M.Kes